PENGEMBANGAN LKPD MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS I SDN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI

Syahnur, Rahmi Hayati (2021) PENGEMBANGAN LKPD MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS I SDN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (456kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (547kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran matematika pada materi bilangan cacah dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas I SDN Binaan Khusus Kota Dumai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu pada tahap development (pengembangan) dikarenakan pademi covid-19. Penelitian ini dilakukan pada semester II dengan materi Bilangan cacah. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan respon siswa). Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik, isi dan tampilan dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang guru dan 6 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi LKPD dengan model Problem Based Learning memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 84,47 %. Pada tahap praktikalitas, LKPD dengan model Problem Based Learning ini termasuk kriteria sangat praktis dengan presentase penilaian sebesar 96,02 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi Bilangan cacah dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas I SD memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas I di Sekolah Dasar. Kata kunci : LKPD, Matematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:13
Last Modified: 27 Apr 2021 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item