PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS IV SD NEGERI 24 UJUNG GURUN PADANG

Dila, Mai Putri and MUSLIM, MUSLIM (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS IV SD NEGERI 24 UJUNG GURUN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PPKn dengan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SD Negeri 24 Ujung Gurun Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Modul pembelajaran PPKn dengan Pendekatan konstruktivisme ini menggunakan tahap 4-D, kemudian dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapannya yaitu define, design, dan develop. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket/kuesioner yang terdiri dari lembar validasi modul, yang dilakukan oleh 3 orang ahli validator yaitu ahli materi, bahasa dan desain. Kemudian lembar praktikalitas modul diisi oleh 1 orang guru dan 22 siswa kelas IV di SD Negeri 24 Ujung Gurun Padang. Dari hasil validasi modul oleh validator memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 93,22%. Dimana hasil analisis validasi aspek materi 94,04%, aspek bahasa 90,62%, dan aspek desain 95%. Selanjutnya modul yang telah dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis oleh guru dengan persentase 95%, dan juga dinilai sangat praktis oleh siswa dengan persentase 94,31% dengan total 94,65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:56
Last Modified: 28 Jul 2022 07:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item