PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 03 SINTUK TOBOH GADANG

Afifah, Husna Reza and Syukma, Netti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 03 SINTUK TOBOH GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
FULLTEKAS SKRIPSI AFIFAH HUSNA REZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal C4-C6 (HOTS) pada mata pelajaran Matematika. Padahal pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi abad 21 yang menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran matematika Kelas IV SDN 03 Sintuk Toboh gadang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai 67,75% dengan kategori baik mengalami peningkatan pada siklus II 89% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Selain itu, juga dilakukan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I menunjukkan 22,72% (5 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kriteria penilaia HOTS, sedangkan pada siklus II menunjukkan 45,45% (10 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kriteria penilaian HOTS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran kelas IV SD Negeri 03 Sintuk Toboh Gadang dan menjadi sebuah alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Contextual Teaching and Learning, dan Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:27
Last Modified: 08 Mar 2023 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item