Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Dengan Bantuan Papan Renang Dan Bantuan Teman Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada Siswa SDN 16 Surau Gadang Padang

Muhammd Nur Iqbal, IQBAL and Meiriani, Armen (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Dengan Bantuan Papan Renang Dan Bantuan Teman Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada Siswa SDN 16 Surau Gadang Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Kesimpulan.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Saran.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
SKRIPSI IQBAL ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Nur Iqbal (2023): Pengaruh metode pembelajaran renang dengan Bantuan Papan Renang dan Bantuan Teman terhadap kemampuan renang gaya dada siswa SDN 16 Surau Gadang Penelitian ini membahas tentang perbedaan pengaruh metode pembelajaran renang dengan bantuan papan rtenang dan bantuan teman terhadap kemampuan renang gaya dada siswa SDN 16 Surau Gadang. Tujuan penelitian adalah 1).Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran renang dengan bantuan papan renang 2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran renang dengan bantuan teman 3).Untuk mengetahui perbedaan pengaruh dengan menggunakan papan renang dan bantuan kawan terhadap kemampua renang 20 meter gaya dada. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan “Two Group Preetest-Posttest Penelitian ini dilakukan di kolam renang Teratai Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN 16 Surau Gadang yang berjumlah 20 orang siswa putra. Instrumen penelitian ini adalah kecepatan renang 20 meter gaya dada. Teknik analisis data menggunakan preetest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara signifikan belajar renang menggunakan papan renang berpengaruh terhadap kemampuan renang gaya dada siswa SDN 16 Surau Gadang yaitu thitung(2,319)> ttabel(2,262). 2)Secara signifikan belajar renang dengan bantuan teman berpengaruh terhadap kemampuan renang gaya dada siswa SDN 16 Surau Gadang. Hasil hipotesisnya thitung(2,286)> ttabel(2,262). 3)Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode belajar renang menggunakan papan renang dan bantuan teman terhadap kemampuan renang gaya dada siswa SDN 16 Surau Gadang. Dengan demikian pembelajaran renang yang menggunakan papan renang lebih baik di bandingkan dengan bantuan teman, hal ini dapat dilihat Hasil hipotesis menunjukan bahwa thitung(2,319)> ttabel(2,262).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PJKR FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:09
Last Modified: 13 Mar 2023 08:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item