PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VA SDN 08 SURAU GADANG

Hanisa, Putri and Arlina, Yuza (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VA SDN 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi numerasi matematika dan siswa belum mampu mengerjakan soal berupa uraian pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi numerasi matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VA SDN 08 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan pelaksanaan tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 08 Surau Gadang yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian ini yaitu ada data observasi aktivitas guru dan lembar tes. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus diakhiri dengan tes. Kemampuan literasi numerasi siswa setelah mengikuti pembelajaran menunjukkan hasil pada siklus I dengan persentase 72,76% sedangkan pada siklus II yaitu 88,96%. Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan persentase 77,5% sedangkan pada siklus II dengan persentase 84%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa pada kelas VA SDN 08 Surau Gadang. Saran dari peneliti ini adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika siswa dan salah satu jalan alternatif guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:19
Last Modified: 05 Sep 2024 04:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item