PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN 04 KAMPUNG OLO KOTA PADANG

Novia, Ramadhani and Dr.Wirnita, Wirnita (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN 04 KAMPUNG OLO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER Novia Ramadhani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Novia Ramadhani.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP Novia Ramadhani.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Novia Ramadhani.pdf

Download (34kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL Novia Ramadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa dikelas III SDN 04 Kampung Olo Kota Padang yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakkan Kelas (PTK) dengan menggunakan teori Kurt Lewis.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 04 Kampung Olo Kota Padang yang berjumlah 26 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar tes akhir kemampuan menulis.Hasil penelitian pada observasi aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 yaitu 66,6% dan 90,9%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan, yang mana pada siklus 1 masih kurang efektiv dalam kegiatan pembelajaran dan pada siklus 2 sudal lebih efektif dalam meneramkan metode pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 dan 2 mencapai 58,3 % dan 91,6%. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peninggatan, yang mana pada siklus 1 pembelajaran masih kurang baik dan efektif sedangkan pada siklus 2 sudah lebih efektif dengan menggunakan metode PBL yang diterapkan. Hasil nilai akhir belajar siswa siklus I sebesar 66,25%, dan hasil nilai akhir belajar siswa siklus II sebesar 81,49%. Hasil tes akhir ini ditentukan dengan minimal rata-rata terendah 75% untuk indikator keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan ini disebabkan oleh penggunaan media gambar berseri dalam pengajaran yang berfungsi untuk membantu dalam menyampaikan penjelasan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:22
Last Modified: 09 Sep 2024 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22676

Actions (login required)

View Item View Item