PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS III SD NEGERI 29 KOTO HILALANG KABUPATEN AGAM

ANNISA, FUJIARTI and Enjoni, Enjoni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS III SD NEGERI 29 KOTO HILALANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN .pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB PENUTUP .pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (269kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan soal tes siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Hasil penelitian dapat di lihat bahwa rata-rata persentase siklus I pada lembar observasi aktrivitas guru adalah 72,5% sedangkan siklus II adalah 90,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar IPA siswa siklus I 72 dengan ketuntasan 58%. Pada siklus II rata-rata 81 dengan ketuntasan 84%. Dapat disimpulkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas III SD. Disarankan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membantu siswa aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:28
Last Modified: 10 Sep 2024 06:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item View Item