PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITACITAKU BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNING (CTL) UNTUK KELAS IV SD NEGERI 31 PASIR KANDANG KOTA PADANG

Lilis, Kurnias Sary Lase (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITACITAKU BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNING (CTL) UNTUK KELAS IV SD NEGERI 31 PASIR KANDANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (202kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (174kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi siklus hidup berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk kelas IV SDN 31 Pasir Kandang Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa, dan 1 orang dosen validator desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh penilaian 3,57 dengan kategori sangat valid, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,87 dengan kategori sangat valid, dan dari aspek desain memperoleh penilaian 3,38 dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,60 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 13 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase hasil 89,58% dengan kategori sangat praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase hasil 94,13% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya di kelas IV SD. Adapun saran dari peneliti supaya modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Pengembangan Modul, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:12
Last Modified: 27 Apr 2021 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item