PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS ALAM DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 45 GANTING

Dinda, Surya Ningsih and Hasnul, Fikri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS ALAM DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 45 GANTING. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
LAMPIRAN I.pdf

Download (618kB)
[img] Text
LAMPIRAN II.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS ALAM DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 45 GANTING Dinda Surya Ningsih1, Hasnul Fikri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : Dindasurya26@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku bergambar berbasis alam pada siswa kelas IV di SDN 45 Ganting. Media buku bergambar dapat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di sekolah dan dapat membantu peserta didik terlibat aktif dalam membangun ide dan kreativitas, khususnya dalam keterampilan menulis puisi. Teori yang dijadikan rujukan pada penelitian ini adalah pendapat Kustandi (2013) tentang media pembelajaran, pendapat Lilis (2016) tentang buku bergambar, pendapat Waluyo (2003) tentang keterampilan menulis puisi, dan Waluyo (2003) tentang berbasis alam. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment), dengan model penelitian yaitu 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate, akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan karena memerlukan waktu, biaya, dan lingkup sekolah dalam skala besar. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang dosen (ahli bahasa, ahli desain dan ahli materi) dan 2 orang guru dan lembar pratikalitas guru dan siswa kelas IV sebanyak 21 orang SDN 45 Ganting, serta lembar soal pre-test dan soal post-test uji keefektifan oleh 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, pertama, proses pengembangan dimulai dengan tahap define, sehingga ditemukan permasalahan yang ada di sekolah, dilanjutkan dengan proses design yang dilakukan dengan merancang media yang akan dikembangkan, media buku bergambar berbasis alam pada siswa kelas IV yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid dengan nilai (0,86). Kedua, media ini termasuk praktis dengan kategori tinggi oleh guru (0,71), dan siswa (0,713). Ketiga, media buku bergambar menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata kelas 82,85 dan ketuntasan klasikal 90,47%. Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar berbasis alam pada keterampilan menulis puisi memiliki kategori sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya siswa kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada saat di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam penelitian pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : penelitian pengembangan, media pembelajaran, buku bergambar, berbasis alam, puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:26
Last Modified: 02 Sep 2021 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item