PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME KELAS V DI SD NEGERI 05 NANGGALO TARUSAN

Aulia, Hayatul Husni and M., Tamrin (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME KELAS V DI SD NEGERI 05 NANGGALO TARUSAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran PKn pendekatan konstruktivisme untuk peserta didik kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development dan dissemination. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrument penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 25 orang peserta didik kelas V SD. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 89,77%, ahli bahasa 88,63%, dan ahli desain 95,31%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 91,23% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 95,45% dan praktikalitas oleh siswa 89,63%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 92,54% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran PKn dengan pendekatan konstruktivisme telah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:10
Last Modified: 01 Aug 2022 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item