PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MUATAN IPS TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR

Reka, Kurnia Sari (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MUATAN IPS TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Abstrack.pdf

Download (43kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (249kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (48kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis high order thinking skills (HOTS) yang valid dan praktis untuk menilai pengetahuan peserta didik kelas V SD pada muatan IPS Tema 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas, instrumen penilaian berbasis HOTS divalidasi oleh 2 orang ahli yaitu dosen PGSD Universitas Bung Hatta dan guru kelas V SD Negeri 01 Bungo Pasang. Pada tahap praktikalitas instrumen penilaian berbasis HOTS di uji cobakan kepada 26 orang peserta didik kelas V SD dan 1 orang guru kelas V SD. Berdasarkan hasil validitas, instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS pada muatan IPS Tema 6 Subtema 3 kelas V SD telah memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 93%, dan hasil praktikalitas menunjukkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS pada muatan IPS Tema 6 Subtema 3 kelas V SD yang dikembangkan sangat praktis digunakan oleh guru dan peserta didik dengan persentase praktikalitas sebesar 91.8%. Dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOT pada muatan IPS Tema 6 kelas V SD valid dan praktis digunakan sebagai alat ukur pengetahuan peserta didik kelas V SD pada muatan IPS Tema 6 Subtema 3. Kata Kunci : Pengembangan Instrumen Penilaian, HOTS, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:37
Last Modified: 27 Apr 2021 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item